Rabu, 24 Agustus 2011

Pelanggan yang Unik

Pelanggan adalah Kaisar
Tak jauh dari pemukiman tempat saya tinggal, terdapat tiga buah minimarket yang letaknya berdekatan. Dua diantaranya terpisah oleh satu bangunan ruko. Harga barang tak berbeda jauh, untuk sejumlah produk harganya sama.
Ada hal menarik, penuturan dari seorang warga, selama ini dia setia hanya pada satu minimarket, alasannya sederhana, setiap kali berbelanja di minimarket tersebut, dia merasa nyaman. Pertama, karena memang sejak dulu dia selalu berbelanja di situ. Sebab yang kedua, bahwa tempat itu, sekecil apapun uang kembalian kita, akan tetap diberikan, tak terganti oleh permen atau bentuk lain.
Kemudian, di minimarket favorit tadi, si warga telah mengenal persis letak barang yang dicari, sehingga pada umumnya tak perlu bertanya atau berkeliling memutar.
Oh iya ada satu lagi, mungkin berlaku bagi dirinya saja. Sebenarnya dia pernah berkunjung ke minimarket yang lain. Ketika masuk ke dalam, dia disapa oleh pegawai yang bertugas, namun terasa olehnya sapaan tersebut dipaksakan, dibuat-buat, tak lahir dari dalam hati.
Saya tanya sama dia, bagaimana anda menilai bahwa sapaan itu dipaksakan?
“Dari cara mereka menyapa, terasa ada beban, bukan keluar dari ketulusan, terlalu basa-basi..., mungkin karena diwajibkan oleh pimpinannya ya?” Ujar si warga.
Terus aku bertanya lagi,”Lalu kalau di minimarket langganan anda sebelumnya, bagaimana? Perlakuan beda ya? Maksud saya, anda pasti disambut dengan ketulusan, ditegur dan dianggap sebagai keluarga?”
Pembaca yang budiman, anda tentu dapat menebak apa jawaban si warga.............?
“Justru itu, saya senang belanja di minimarket langganan saya yang jadul dan tak tertata itu, karena di sana saya tidak disapa, tidak ditegur-tegur, dibiarkan sendiri saja, seakan saya sedang tidak berada di tempat tersebut. Itu saya suka, sesuai dengan tujuan utama saya, yang datang untuk berbelanja, bukan mengharap sapa dan teguran dari pegawai disitu. Saya tidak butuh sapaan apapun. Mereka sepertinya tahu kebiasaan itu, sehingga mereka hanya menjawab kalau saya mencari informasi tentang barang tertentu. Satu lagi yang membuat saya senang, respon cepat dari pegawai disitu ketika saya menginginkan sesuatu atau bertanya tentang apapun..”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar